Mengapa Harus Divaksin Covid-19?

Vaksin Adalah Bibit Penyakit yang sudah dilemahkan. Vaksin merupakan zat yang mengandung bibit mikroba yang sudah dilemahkan. Pemberian vaksin pada tubuh disebut sebagai cara yang efektif untuk menghindari penyakit.

Sampai saat ini pandemi virus Corona belum juga berakhir. Guna menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin COVID-19 mulai dilakukan. Pemerintah pun menganjurkan agar semua orang mendapatkannya. Lantas, apa alasan setiap orang harus menjalani vaksinasi COVID-19?

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. VaksinasiCovid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalammenjalankan aktivitas kesehariannya.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistemkekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dariinfeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibatCOVID-19. Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona.

Beberapa orang mungkin merasa ragu atau enggan divaksinasikarena potensi efek samping yang ditimbulkannya. Namun, Covid-19 juga memiliki risiko kesehatan yang jauh lebih serius dan merugikan dibandingkan efek samping vaksin. MenurutWorld Health Organization (WHO), vaksin Covid-19 yang resmidan disetujui untuk digunakan telah melalui semua tahap untukmemastikan keamanan, kemanjuran, dan kualitas. WHO mengingatkan bahwa semua obat-obatan dan vaksin memilikipotensi efek samping. Dalam kebanyakan kasus, efek sampingvaksin Covid-19 tergolong ringan.

Ketika sudah banyak masyarakat yang divaksinasi, maka terbentuklah keadaan yang disebut dengan herd immunity.  Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah suatu kondisi ketika penduduk di suatu daerah sudah kebal/imun terhadap suatu virus penyebab penyakit. Herd immunity tercapai dengan caramelindungi orang dari virus, yaitu dengan cara vaksinasi. Pemerintah kita pun telah menetapkan target 70% masyarakat Indonesia mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk membentukkekebalan kelompok. Dengan kekebalan kelompok lewat vaksinasi Covid-19, virus ini pun akan semakin  sedikit penularannya, dan tentu saja nyawa yang dapat diselamatkanpun akan lebih banyak. 

Satu hal yang perlu diingat, vaksin bukanlah obat pandemi, melainkan upaya kita untuk membentengi diri dari efek virus penyebab Covid-19. Karena itu, jangan pernah tinggalkan gaya hidup sehat dan selalu praktikkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan). Sebisa mungkin jugahindari bepergian ke luar rumah atau berkumpul dengan orang banyak.Vaksin COVID-19 diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah memakan banyak korban jiwaserta melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan partisipasi kitadalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemerintahmenyudahi pandemi ini.

Vaksin COVID-19 memang dapat membawa banyak manfaatdengan melindungi kita dari infeksi virus Corona. Namun, perludiketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat karena tubuh tidak mempunyai pertahanan yang kuat untuk melawan vaksin tersebut meski bibit virus tersebut sudah dilemahkan. Jadi, pastikan untuk selalu mempertahankan daya tahan tubuh Anda, baik sembari menunggu giliran untuk diberikan vaksin maupun setelahnya. Hal ini karena dengan imunitas tubuh yang kuat, Anda tidakakan mudah sakit sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga.

Ada 8 cara untuk meningkatkan immunitas tubuh yang bisaditerapkan dalam pola hidup kita secara sederhana, cara inisering disebut dengan NEWSTART.

1.​Nutrition ( Nutrisi) Nutrisi yang seimbang

2.​Exercise ( Olah raga) Olahraga yang cukup

3.​Water (Air) Minum air jernih yang cukup

4.​Sun (Sinar matahari) Sinar Matahari Pagi

5.​Temprament ( Perangai) mengontrol pikiran dalammenghadapi masalah

6.​Air (Udara bersih) udara yang bersih menyehatkan

7.​Rest (Istirahat Yang Cukup) istirahat yang cukup setelahmelakukn berbagai aktifitas

8.​Trust (Keyakinan) beribadah dan Percaya bahwa Tuhandapat menolong kita.

Dengan menjaga kesehatan kita melalui pola hidup sehat denganNEWSTART maka immunitas tubuh kita meningkat dan dapatmelawan berbagai penyakit yang masuk dalam tubuh kita.

 

sumber :

https://promkes.kemkes.go.id/masyarakat-indonesia-sambut-baik-vaksinasi-...

https://www.alodokter.com/alasan-pentingnya-vaksinasi-dan-efektivitasnya...

http://rsud.sampangkab.go.id/berita/detail/pentingnya-vaksinasi-di-masa-...

https://kesehatan.kontan.co.id/news/senjata-lawan-virus-corona-berikut-8...

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/25/113200423/manfaat-vaksin-co...

 

Penulis: 
Irvan Fatwa, AMK
Sumber: 
Tim Media DInkes Babel

Artikel

05/11/2022 | Tim Media Dinkes Babel
20/09/2022 | Tim Media Dinkes Babel
31/08/2022 | Tim Media Dinkes Babel
01/08/2022 | Tim Media Dinkes Babel
16/02/2021 | Ns. Malinda Listari, S.Kep
31/12/2018 | Zulfikri Tabrani, SKM | Pembimbing Kesehatan Kerja Muda
06/06/2020 | Ns. MALINDA LISTARI, S.Kep
22/09/2014 | RSU Provinsi
01/08/2022 | Tati Maryani, S.Kep