Dinkes Babel Terima Award Pelayanan Publik Peringkat Kedua Terbaik se-Babel

PANGKALPINANG - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempati peringkat kedua terbaik dalam Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023. Event awarding ini diselenggarakan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (04/01/2024).

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan salah satu wujud sinergitas antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung. 

"Hal ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap tingkat kepatuhan dalam penyelenggaraan pelayanan publik," ujar Safrizal.

Safrizal mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik merupakan kewajiban seluruh pejabat dan aparatur penyelenggara negara maupun pemerintah tanpa kecuali.

"Kita semua berkomitmen dan bertanggung jawab melaksanakannya sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik," tuturnya.

Bahkan, lanjut Safrizal, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, secara tegas mengatur perihal sanksi bagi pejabat penyelenggara pelayanan publik, baik yang dengan sengaja maupun lalai dalam memenuhi kewajiban pelayanan. 

"Berdasarkan hal tersebut, khususnya perangkat daerah dan unit pelayanan publik, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota, dituntut untuk dapat memenuhi standar pelayanan publik dengan memenuhi aspek dan indikator yang  ditetapkan," tegas Safrizal.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. Andri Nurtito, MARS mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Dengan hasil penilaian kedua terbaik dalam Penganugerahan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung semakin berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas penunjang pelayanan publik," ujar Andri.

"Tidak hanya memenuhi sarana dan prasarana, kami juga berupaya untuk fokus pada kualitas pelayanan, mulai dari profesionalitas sumber daya manusia hingga budaya pelayanan prima," lanjutnya.

"Salah satu topik dalam pelayanan publik adalah pengaduan. Saya  mengajak masyarakat untuk dapat mengawasi kinerja pelayanan kami dengan menyampaikan permasalahan yang terjadi, juga masukan dan saran kepada kami melalui kanal pengaduan yang telah disiapkan," pungkas Andri.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman Republik Indonesia, khususnya Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung, yang memberikan pendampingan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Insyaallah kualitas pelayanan publik Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi lebih baik," pungkas Andri.

Sumber: 
Tim Media Dinkes Babel
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Tim IKP Diskominfo Babel (babelprov.go.id)/Rodiah
Bidang Informasi: 
Dinkes