Wakapolda Babel Serahkan Bingkisan kepada Nakes Labkesda Dinkes Babel

PANGKALPINANG - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Oemardhani menyerahkan bingkisan sembako kepada tenaga kesehatan di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (26/06/2020).

"Pada momen Hari Ulang Bhayangkara ke-74 ini, kami ingin menunjukkan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi Covid-19 ini," ujarnya.

Bakti Sosial ini, lanjutnya, diselenggarakan secara serentak. "Kami memang tidak menggelar acara seremonial seperti biasa. Kepolisian Republik Indonesia juga telah mengeluarkan instruksi untuk 13 protokol kesehatan. Dan kami akan mematuhinya," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Selama pandemi Covid-19 ini, imbuh Mulyono,  kami melakukan dua penanganan, yaitu pemeriksaan tes cepat atau rapid test dan pemeriksaan sampel swab dengan menggunakan mesin Real Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR).

"Bahkan, petugas PCR bertugas mulai dari pukul enam pagi hingga sembilan malam. Biasanya mesin beroperasi untuk tiga kali running.  Mereka berjibaku di dalam laboratorium minimal dua kali running," lanjut Mulyono. 

"Dukungan ini akan menjadi semangat bagi kami semua, terutama para nakes yang bertugas di Laboratorium Kesehatan Daerah Dinkes Babel," Mulyono.

Sementara Kepala UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah, Ira Ajeng Astried mengatakan bahwa kerja tim kami selama penanganan Covid-19 cukup berat. 

"Kami beroperasi mulai dari Senin hingga Sabtu, bahkan jika memang dibutuhkan, kami juga bekerja hingga minggu," ujarnya.

Bahkan, lanjut Ira, tim swab kami harus dapat menyesuaikan lokasi pasien. "Ada katanya tim kami harus bergerak ke tengah laut untuk mengambil swab para kru kapal yang sedang diisolasi di dalam kapal," jelasnya.

"Kami siap melakukan yang terbaik karena memang sudah menjadi tanggung jawab kami di Labkesda Babel untuk penanganan percepatan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," jelas Ira.

Sumber: 
Balai Laboratorium Kesehatan Dinkes Babel
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes