Wagub: RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Perlu Kerja Sama dan Bimbingan RSCM

PANGKALPINANG – RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memerlukan kerja sama dan bimbingan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta sebagai pengampu rujukan medik sebagai rumah sakit rujukan nasional dalam membantu pengelolaan manajemen rumah sakit. Demikian dikatakan oleh Abdul Fattah, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat beraudiensi dengan C.H. Soejono, Direktur RSCM Jakarta dan Lucia Shinta Silalahi, Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno, serta Mulyono Susanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang kerja wakil gubernur (10/08/2017).

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin membangun kemandirian rumah sakit, meningkatkan akreditasi rumah sakit provinsi dan kapasitas sumber daya manusia di bidang pelayanan kesehatan di rumah sakit provinsi, dan melaksanakan layanan rumah sakit terkait standar operasional,” lanjut wakil gubernur.

Untuk langkah awal, perjanjian kerja sama antara Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwujudkan dalam bentuk nota kesepahaman No. 440/007.b/RSUD/2017 tanggal 6 Juni 2017 tentang Pengembangan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah DR. (HC) IR.Soekarno di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

C.H. Soejono, Direktur RSCM Jakarta mengungkapkan dukungan dan komitmen RSCM untuk membantu penguatan rumah sakit provinsi sehingga mampu berperan sebagai rumah sakit rujukan. “Peningkatan standar mutu pelayanan rumah sakit harus dilakukan, mulai dari standar mutu dan penanganan keselamatan pasien, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan obat, serta standar assessment pasien.  Semua harus berpedoman  pada standar yang sudah ditetapkan karena faktor ini menentukan akreditasi rumah sakit,” lanjutnya.

Beliau juga menekankan perlunya memaksimalkan aset terkait kesehatan agar bisa mempercepat kemandirian rumah sakit. “Masih banyak aset yang bagus di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tinggal cara mengelola dan membimbing sehingga akreditasi kelas rumah sakit ini meningkat dan itu tentunya perlu ditunjang oleh mutu pelayanan medis, SDM, dan fasilitas medik yang baik,” jelasnya.

Lucia Shinta Silalahi, Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno menjelaskan pihak manajemen rumah sakit mempunyai tantangan dalam memenuhi persyaratan akreditasi rumah sakit dari tipe C menjadi tipe B. “Untuk meraih akreditasi tersebut, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi terkait fasilitas dan kemampuan pelayanan medik di rumah sakit, antara lain penyediaan medik spesialistik. Jika pada tahun 2015, baru ada satu pelayanan medik spesialis, sekarang sudah ada tujuh belas jenis pelayanan medik spesialis. Ke depannya, kami akan berusaha untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan pra saranan yang memadai, misalnya instalasi jenazah dan dapur.” jelasnya.

Dalam audiensi ini, Mulyono Susanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung sepenuhnya percepatan naiknya kelas Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno yang saat ini tipe C, untuk menjadi tipe B. “Dengan naiknya tipe RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno menjadi tipe B, akan sangat berdampak bagi masyarakat, terutama bagi pasien yang membutuhkan rujukan rumah sakit tipe B tidak perlu lagi dirujuk keluar daerah. Hal ini tentunya akan memudahkan pasien dan keluarganya dalam proses pengobatan. Oleh karena itu, kami siap memfasilitasi penguatan tersebut, baik secara regulasi maupun kebijakan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Abdul Fattah juga menyerahkan kenang-kenangan sebagai tanda terima kasih kepada pihak RSCM Jakarta, yang dalam hal ini diserahkan secara simbolis kepada C.H. Soejono, Direktur RSCM Jakarta. (ACH)

Sumber: 
Humas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Tags: 
RSUP Provinsi; sister hospital; RSCM Jakarta

Berita

12/01/2018 | Bidang Pelayanan Keseha...
12/01/2018 | Humas Dinas Kesehatan P...
10/01/2018 | Dinas Kesehatan Provins...
24/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
19/09/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...