Susul Provinsi, Kabupaten/Kota se-Babel Siapkan Karantina ODP/PDP Ringan

PANGKALPINANG - Menyusul Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan mengoperasionalkan Wisma Karantina/Isolasi bagi Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) dengan gejala ringan covid-19, kabupaten/kota segera menyiapkan hal yang sama.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto dalam Rapat Konsolidasi dengan Stakeholder Kesehatan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan di aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (30/03/2020)

"Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meminta kepala daerah, dalam hal ini gubernur, untuk menyiapkan fasilitas karantina di luar rumah sakit untuk menampung ODP atau PDP tanpa gejala atau gejala ringan yang harus diisolasi," jelas Mulyono.

Demikian juga dengan bupati dan walikota, lanjut Mulyono. "Kami sudah mendata kabupaten dan kota dalam mempersiapkan pemanfaatan tempat serta sarana dan prasarana selain rumah sakit," jelasnya.

"Berdasarkan data yang diterima, total yang disiapkan kabupaten/kota se-Babel berjumlah 614 ruang, sudah termasuk peruntukan ODP dan PDP ringan," lanjut Mulyono. Untuk Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Bangka Tengah, tambah Mulyono, tempat yang akan disiapkan di Badan Diklat masing-masing. "Pemkab Bangka menyiapkan tempat di GOR Tambang 23, Belitung Timur menyiapkan di Auditorium Pemda dan tujuh kecamatan, sedangkan Pangkalpinang di rusunawa," jelasnya.

"Pemkab Belitung akan menyiapkan di tiga tempat, yaitu Rumah Sakit Almah, Rumah Sakit Utama, dan Pusyandik Timah," imbuh Mulyono.

"Kriteria penerimaan di wisma karantina ini adalah ODP usia di atas 60 tahun dengan penyakit penyerta yang terkontrol, PDP dengan gejala sedang, dan PDP ringan tanpa fasilitas karantina rumah yang tidak memadai," tuturnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan kriteria yang lain, lanjut Mulyono. "Di setiap lokasi karantina, disiapkan juga dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya," jelas Mulyono. "Wisma Karantina Provinsi ini akan beroperasi mulai besok.

Saat, ini tim kami mulai bergerak untuk menyusun skenario pelaksanaannya, mulai dari persiapan sarana prasarana, sumber daya manusia, bahkan tata laksananya. Kami menyiapkan 60 kamar untuk ODP dan PDP ringan, terbagi menjadi wisma pria dan wanita," pungkas Mulyono.

Sumber: 
Sekretariat
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes