Puskemas Benteng Komitmen Edukasi Masyarakat mengenai Covid-19

PANGKALAN BARU -  Dengan munculnya kasus covid-19, setiap fasilitas kesehatan, terutama puskesmas, wajib memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pencegahan penyebaran virus ini. 
Tak diragukan aksi tenaga kesehatan Puskesmas Benteng yang berlokasi di Desa Benteng Kabupaten Bangka Tengah ini, berkomitmen mengedukasi masyarakat.

Kepala Puskesmas Benteng, Dianing Kiswari menjelaskan bahwa setiap pengunjung ataupun masyarakat yang datang ke puskesmas akan selalu diterima petugas. "Di sebelah pintu masuk, kami menyediakan meja yang terdapat kotak  berisikan masker sekaligus pembersih tangan antiseptik," jelasnya. (11/03/2020)

"Ketika pengunjung datang, petugas akan menyarankan pengunjung untuk menggunakan masker jika memang dalam kondisi batuk pilek," jelas Dianing.

"Selain masker, kami juga menyediakan pembersih tangan dan brosur atau lembar informasi mengenai covid-19. Dalam kesempatan ini, petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung mengenai pentingnya membersihkan tangan menggunakan pembersih tangan antiseptik," tambahnya.

"Setelah mengambil kartu antri, pengunjung dipersilakan untuk melanjutkan prosedur pelayanan berikutnya," lanjutnya.

Untuk tempat mencuci tangan dengan air mengalir atau wastafel memang belum disiapkan, lanjut Dianing. " Namun, kami menyiapkan pembersih tangan antiseptik di beberapa sudut agar mudah dijangkau pengunjung," ujarnya.

Pada jam tertentu, tambahnya, petugas kami akan mengedukasi pengunjung mengenai pencegahan covid-19. "Mulai dari cara mencuci tangan yang benar, penggunaan masker yang tepat, hingga anjuran lainnya sesuai manual dari Kementerian Kesehatan," imbuh Dianing.

Tidak hanya bagi pengunjung puskesmas, kami juga berusaha untuk mengetahui jika ada masyarakat yang baru pulang dari negara terjangkit covid-19. "Untuk itu, kami berkoordinasi dengan bidan desa dan petugas lainnya untuk mendapatkan informasi tersebut. Kami memantau  masyarakat tersebut sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan, apakah yang bersangkutan memiliki gejala atau tidak," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto yang secara langsung memantau kesiapan Puskesmas Benteng, sangat mengapresiasi  pelayanan petugas kesehatan terkait covid-19. 
"Melihat kondisi seperti ini, saya sangat berbangga dengan kesiapan petugas Puskesmas Benteng," ungkap Mulyono.

Selain petugas yang tanggap, lanjut Mulyono, hal mendasar terkait pencegahan covid-19 tersedia. "Tapi harap diingat, prioritaskan penggunaan masker bagi petugas kesehatan dan pengunjung yang batuk pilek. Kita harus berhati-hati terhadap masalah ini. Selain ketersediaan yang sangat minimal, memang masker ini digunakan saat kondisi yang dibutuhkan saja. Demikian juga dengan pembersih tangan antiseptik," ungkapnya.

"Saya sangat berharap semua puskesmas yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat memiliki kesiapan seperti Puskesmas Benteng," pungkas Mulyono. 

Tampak mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Bahrun Siregar dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Lismayoni.

Sumber: 
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes