Persiapan Wisma Karantina, Wagub dan Ketua DPRD Babel Tinjau Lokasi

PANGKALPINANG - Persiapan operasional wisma karantina bagi Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) bergejala
Ringan covid-19, Wakil Gubernur dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meninjau langsung lokasi yang bertempat di Wisma 3, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (30/03/2020)

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah menyatakan dukungannya atas pentingnya menyiapkan tempat karantina ini. "Kita harus berpikir tentang cara mengantisipasi agar wabah covid-19 ini tidak meluas. Pemilihan wisma ini baik dan dapat segera kita susun pengoperasiannya," jelasnya.

Bagi ODP yang merupakan pekerja tidak tetap atau buruh harian, lanjut Abdul Fatah, akan diberikan bantuan kepada keluarganya berupa sembako. "Bantuan akan diberikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Sosial," lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto menjelaskan pemanfaatan tempat selain rumah sakit merupakan rekomendasi dari pemerintah.
"Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meminta Kepala Daerah atau gubernur untuk menyiapkan fasilitas karantina di luar rumah sakit untuk menampung ODP atau PDP tanpa gejala atau gejala ringan yang harus diisolasi," jelas Mulyono.

"Wisma ini akan beroperasi mulai Rabu mendatang (red. 01 April 2020). Saat, ini tim kami mulai bergerak untuk menyusun skenario pelaksanaannya, mulai dari persiapan sarana prasarana, sumber daya manusia, bahkan tata laksananya," lanjut Mulyono.

Tampak mendampingi Wagub dan Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kepala Dinas Sosial, dan Ketua Persatuan Rumah Sakit Indonesia.

Sumber: 
Sekretariat
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Fakhru
Bidang Informasi: 
Dinkes