Pemberdayaan Germas Menuju Masyarakat Belitung Mandiri

TANJUNG PANDAN – Upaya pemberdayaan pelaksanaan germas yang dapat berjalan di semua sektor diharapkan menuju masyarakat Belitung Mandiri untuk hidup sehat. Hal ini sejalan dengan ditetapkannya regulasi yang berkaitan dengan germas yang tertuang dalam Peraturan Bupati Belitung Nomor 55 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Belitung.  

Guna meningkatkan koordinasi, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dana DAK Nonfisik menyelenggarakan kegiatan Advokasi Lintas Program/Lintas Sektor Untuk Pemberdayaan Germas di Kabupaten Belitung yang dilaksanakan di Hotel BW Inn. (11/03/2020)

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bahuri mengungkapkan bahwa untuk germas dapat dibudidayakan melalui tiga pesan penting. “Aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, makan sayur dan buah setiap hari, dan cek kesehatan secara rutin,” jelas Bahuri.

“Sasaran pembudayaan germas, antara lain meningkatkan gerakan hidup sehat bagi individu, keluarga, dan masyarakat, menurunnya prevalensi penyakit tidak menular dan menular, serta menurunkan stunting AKI dan AKB,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, imbasnya juga dapat meringankan beban pembiayaan kesehatan nasional.

Lebih lanjut, Bahuri menjelaskan bahwa data Riskesdas menunjukkan bahwa prevalensi obesitas usia lebih dari 18 tahun cenderung meningkat dalam kurun waktu sembilan tahun.

“Berdasarkan data Riskesdas tahun 2010, sebesar 11,7 persen, tahun 2013 meningkat menjadi 15,4 persen, dan pada tahun 2018 meningkat menjadi 21,8 persen. Hal inilah yang menjadi latar belakang timbulnya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” tutur Bahuri.

"Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, pemerintah dengan melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor lainnya agar dapat berperan serta dalam pembangunan kesehatan dengan menekankan pada upaya promotif dan preventif,” pungkasnya.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta yang berasal dari berbagai lintas sektor yang mendukung germas ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, drg. Poppy Aprilia.

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Imelda Sitompul
Fotografer: 
Imelda Sitompul
Editor: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes