Pelayanan Kesehatan yang Bermutu Harus Diakreditasi

PANGKALPINANG - Untuk menjamin hak masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengupayakan berbagai strategi, antara lain dengan melaksanakan akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Hermain, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Tim Pendamping Akreditasi yang bertempat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (15/03/2017).

“Akreditasi merupakan salah satu upaya dalam menjamin peningkatan mutu pelayanan kesehatan, baik di fasilitas kesehatan primer maupun di fasilitas kesehatan tindak lanjut. Untuk menjamin proses di lapangan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tim pendamping harus memiliki kompetensi untuk mendampingi proses akreditasi tersebut. Oleh karena itu, wakil dari kabupaten/kota dilatih untuk mengawal terciptanya fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bermutu di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Dijelaskannya, akreditasi bukan sekadar upaya untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Lebih dari itu, akreditasi merupakan upaya pembinaan yang berkesinambungan terhadap perbaikan mutu dan kinerja pelayanan kesehatan untuk fasilitas kesehatan primer. Akreditasi ini sendiri meliputi sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen resiko.

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa dengan kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini, para tim pendamping dapat memahami bahwa pelaksanaan standar akreditasi diharapkan akan memberikan manfaat tidak hanya bagi kepuasaan pasien karena pelayanan yang diberikan aman dan sesuai standar, tetapi juga kepuasan dan keamanan petugas kesehatan dalam pemberian layanan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Hastuti, Panitia Pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa tujuan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah tim yang memiliki kapasitas untuk melakukan pendampingan akreditasi. “Kegiatan yang dimulai dari tanggal 15 sampai dengan 25 Maret ini diikuti oleh delapan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, di mana setiap tim tim terdiri atas tiga orang,” jelasnya.

Pendampingan ini melibatkan narasumber dari Kementerian kesehatan Republik Indonesia, fasilitator dari tim TOT provinsi, pengendali diklat Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (ACH)

Sumber: 
Bidang Pelayanan Kesehatan
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Bidang Pelayanan Kesehatan
Tags: 
Pelayanan kesehatan; akreditasi; fasilitas pelayanan kesehatan

Berita

12/01/2018 | Bidang Pelayanan Keseha...
12/01/2018 | Humas Dinas Kesehatan P...
10/01/2018 | Dinas Kesehatan Provins...
24/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
19/09/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...