Pelatihan Pelayanan Terpadu (PANDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi Petugas

PANGKALPINANG - Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggal  7 sampai dengan 11 Agustus 2017, diselenggarakan di Hotel Renz Pangkalpinang.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) terpadu di FKTP, yang berfokus pada empat penyakit utama prioritas, yaitu hipertensi, diabetes melitus, kanker, dan penyakit paru obstruktif kroner yang berkaitan dengan empat faktor risiko bersama, yaitu diet yang tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, merokok, serta konsumsi alkohol. Inti kegiatan ini adalah menjaring semua masyarakat di atas usia 40 tahun yang datang ke FKTP, yang memiliki faktor risiko PTM, kemudian dilakukan pemeriksaan faktor risiko PTM dan menggunakan kartu charta.

Kartu Charta ini digunakan untuk melihat berapa persen seseorang ini dalam sepuluh tahun ke depan dapat mengalami sakit jantung koroner tergantung berapa faktor risiko yang didapati seseorang tersebut.

Pelatihan ini dihadari 30 pengelola program PTM dari seluruh PKM di kabupaten/kota terpilih dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Dengan pelatihan ini, setiap PKM yang telah dilatih diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan membentuk poli PTM di setiap FKTP.

Sumber: 
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Penulis: 
Deka Akhmad
Editor: 
Adinda Chandralela
Tags: 
Penyakit Tidak Menular (PTM)

Berita

24/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
19/09/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
14/09/2017 | Bidang Pencegahan dan P...