Orientasi Deteksi Dini Hepatitis B dan/atau C pada Ibu Hamil dan Kelompok Berisiko Lainnya di Kabupaten Bangka

SUNGAILIAT- Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari 3 sampai dengan 5 Agustus 2017, diselenggarakan di Novilla Boutique Resort Sungailiat. Dengan bertujuan meningkatkan kapasitas petugas dalam manajemen program, deteksi dini, tatalaksana serta mencatat dan melapor hepatitis, narasumber yang dipilih untuk mengisi kegiatan ini sangat berkompeten. Jumlah narasumber tujuh orang, terdiri atas staf Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat P2PML Direktorat Jenderal P2P, Subdit Hepatitis dan PISP; Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu kepala dinas, kepala bidang P2P, pengelola program hepatitis dan PISP, dan pranata laboratorium dari Balai Laboratorium Kesehatan Daerah; dokter spesialis anak Rumah Sakit Medika Stania Kabupaten Bangka; dan dokter spesialis obstetri dan ginekologi RSUD Sungailiat.

Peserta kegiatan terdiri atas dua orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka: kepala seksi P2M dan pengelola program hepatitis; lima orang dari rumah sakit di Kabupaten Bangka: bidan koordinator; serta empat puluh tiga orang dari puskesmas: dokter, bidan koordinator, pengelola program hepatitis, dan pranata laboratorium.

Selain mampu melaksanakan peran sebagai tenaga kesehatan di FKTP, peserta diharapkan mampu melakukan deteksi dini hepatitis B pada ibu hamil dan kelompok berisiko, penatalaksanaan kasus hepatitis B, sistem rujukan serta pencatan dan pelaporan hasil pelaksanaan deteksi dini hepatitis B pada ibu hamil dan kelompok berisiko.

Sumber: 
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Penulis: 
Deka Akhmad
Fotografer: 
Bidang Pencegahan dan Penyakit
Editor: 
Adinda Chandralela