OPD dan Dunia Usaha di Kabupaten Belitung Komitmen terapkan K3 Perkantoran

TANJUNG PANDAN - Mengapa K3 Perkantoran Penting? Kantor adalah tempat kerja dengan faktor resiko dan bahaya yang tinggi. Rata-rata pekerja di kantor bekerja selama + 8 jam sehari.
Profil Masalah Kesehatan Karyawan di Indonesia tahun 2005: 40,5% terkena Gotrak, 8% penyakit jantung pembuluh darah, 6% gangguan syaraf. 

Riskesdas 2013: Prevalensi cidera karena kelalaian/ketidaksengajaan pada karyawan sebesar 94,6%.
Riskesdas 2018 : Prevalensi PTM karena kurangnya aktivitas sebesar 33,5%.
K3 perkantoran adalah Kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di kantor yang bertujuan Mewujudkan kantor yang sehat, aman, dan nyaman demi terwujudnya karyawan sehat, selamat, bugar, berkinerja, dan produktif.

Pada tanggal 11 Maret 2020 sudah dilaksanakan kegiatan Penguatan K3 Perkantoran yang bertempat di Hotel Grand Hatika Kabupaten Belitung yang bersumber dari dana Bantuan Oprasioal Kesehatan (BOK) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2020, dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Pemda Kabupaten Belitung (Tanjung Pandan) total peserta sebanyak 50 orang peserta, rincian masing-masing peserta OPD berjumlah 1 orang, Rumah Sakit Pemenrintah Daerah masing-masing 1 orang dan dari Puskesmas melibatkan Kepala Puskesmas dan pengelola Program Kesehatan Kerja di 8 Puskesmas di Kabupaten Belitung.

Kegiatan ini dilakukan guna untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan.
Upaya kesehatan kerja dimaksud meliputi pekerja di sektor formal dan informal. perkantoran sbg salah satu tempat kerja, tidak terlepas dari berbagai potensi bahaya lingkungan kerja yg dapat mempengaruhi k3 para karyawannya.

Kementerian Kesehatan mengeluarkan regulasi terbaru terkait standar keselamatan dan kesehatan kerja perkantoran, yaitu permenkes no 48 tahun 2016 yang dikeluarkan bulan september 2016, diharapkan standar k3 di perkantoran dapat ditingkatkan.
Dalam proses pelaksanaan kegiatan Penguatan K3 di Perkantoran yang bertempat di hotel Grand Hatika Kabupaten Belitung tanggal 11 Maret 2020, acara pembukaan kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bpk. Bahuri, S.K.M.,M.M) dan di dampingi oleh Kasi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung (Bpk.Sunaryo).

Pada acara pembukaan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Prov.Kep.Babel memberikan arahan kepada seluruh peserta utk mewujudkan tempat kerja yang aman, sehat dan nyaman sebagai seorang ASN dapat bekerja dengan selamat, sehat, bugar dan tetap produktkif serta mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan penyakit lain pada karyawan dapat menciptakan lingkungan.
Kerja yang aman, nyaman guna meningkatkan produktivitas kerja. Mari bersama kita mengajak keluarga dan masyarakat untuk lebih gemar mengkonsumsi buah dan sayur dalam menu sehari-hari. Aktifitas fisik/olahraga serta memeriksakan kesehatan secara teratur yang ketiga perilaku tersebut merupakan pilar utama dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
Dilanjutkan dengan Pemateri dari Kasi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan Kabupten Belitung tentang Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Standar K3 Perkantoran, dari Sekretaris Bappeda Kabupaten Belitung tentang Peran Lintas Sektor Pemerintah Kabupaten Belitung dalam Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan dari Pengelola Program Kesehatan Kerja Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang Persiapan COVID.19 di Tempat Kerja dalam Penguatan K3 Perkantoran.
Pada kegiatan pertemuan ini, diadakan Rencana Tindak Lanjut masing-masing peserta dan Acara ditutup pada pukul 14.45 WIB dengan melapaskan ucapan Hamdallah oleh seluruh peserta pertemuan.

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Heni Zuraidah, SKM.MM | Pembimbing Kesehatan Kerja Muda
Fotografer: 
Heni Zuraidah, SKM.MM | Pembimbing Kesehatan Kerja Muda
Bidang Informasi: 
Dinkes