Nakes, Unsur Penting dalam Pelayanan Kesehatan

PANGKALPINANG – Tenaga kesehatan (nakes) merupakan salah satu unsur yang sangat penting di bidang pelayanan kesehatan dan perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh.  Demikian dikatakan oleh Mulyono Susanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka kegiatan Tes Penguasaan Kebijakan Penilaian Tenaga Medis Teladan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bertempat di aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (09/06/2017)

“Pemilihan tenaga kesehatan teladan ini hendaknya dimaknai sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kinerja dan karya para tenaga kesehatan serta menjadi pendorong bagi petugas dalam melaksanakan tugas yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Menurutnya, selain menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan, pemerintah juga telah menempatkan tenaga kesehatan di setiap puskesmas. Selain keberhasilan yang dicapai tersebut, upaya pelayanan kesehatan masih menghadapi berbagai permasalahan. “Permasalahan tersebut tidak saja berkaitan dengan beban pokok kegiatan yang terlalu banyak, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan masalah yang ada, tetapi juga masalah lain yang terkait dengan rendahnya kemampuan sumber daya manusia," ungkapnya.

Azwani, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan menjelaskan bahwa penilaian tenaga kesehatan teladan dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi sudah rutin setiap tahun dilaksanakan. “Pertemuan ini bertujuan untuk menilai dan memilih tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan ini perlu diadakan karena guna memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan,” lanjutnya. (09/06/2017)

Dikatakannya, peserta berjumlah 23 orang yang terdiri atas Kabupaten Bangka lima orang,  Kabupaten Bangka Tengah empat orang, Kabupaten Bangka Barat dua orang, Kabupaten Bangka Selatan lima orang, Kabupaten Belitung Timur dua orang, dan Kota Pangkalpinang lima orang. “Sebelum tes Penguasaan Kebijakan, peserta sudah dinilai oleh para tim secara langsung di tempat bekerja masing-masing. Adapun tes hari ini meliputi tes tertulis dan wawancara. Latar belakang profesinya juga beragam, antara lain dokter, bidan, gizi, dan farmasi,” ungkapnya.

Kadin Mulyono berharap pemilihan tenaga kesehatan teladan ini dapat memotivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di puskesmas. Kegiatan ini dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga kesehatan yang mempunyai sikap nasionalis, etis, dan profesional, memiliki semangat pengabdian yang tinggi, berdisiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur, serta dapat memegang teguh etika profesi. “Perlu diingat bahwa juara bukanlah akhir dari segalanya. Yang terpenting adalah bagaimana kita meningkatkan pengetahuan serta kinerja, khususnya dalam bidang kesehatan,” pungkasnya. (ACH)

 

 

Sumber: 
Humas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Tags: 
tenaga kesehatan teladan

Berita

15/06/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
02/06/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
26/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
26/05/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
11/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
11/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
10/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
08/05/2017 | Bidang Pelayanan Keseha...
08/05/2017 | Bidang Pelayanan Keseha...