Melati Berharap Kedepan Kepala Sekolah Diharuskan Ikuti Pelatihan Dasar Kepramukaan

PANGKALPINANG – Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, Rabu (16/5/2018), menjadi narasumber dalam Workshop Penguatan Kelembagaan SMK Tahun Tahap III, 2018 Provinsi Babel, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Babel di Sun Hotel, Pangkalpinang.

Dalam paparannya, Melati menyampaikan materi berkaitan dengan Pengarahan dan Informasi Umum Pembinaan Gerakan Pramuka Provinsi Babel.

Pada Kesempatan itu Melati menjelaskan, kepada para Pembina Pramuka, Pembina OSIS dan Pengajar SMK Se-Babel yang hadir mengenai sejarah berdirinya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Selain itu dijelaskannya pula Perkembangan Gerakan Pramuka Bangka Belitung yang saat ini dirinya Pimpin.

“Kwarda Bangka Belitung merupakan wadah untuk pembentukan karakter anak bangsa. Dengan pembentukan Karakter ini, saya yakin Pemuda-Pemudi Bangka Belitung akan menjadi anak muda yang baik, berakhlak, religius, sopan santun, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM yang handal dalam mendukung Pembangunan,” ungkap Melati.

Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung, salah satunya adalah Perkemahan Persaudaraan yang diadakan di Bumi Perkemahan Depati Amir Balun Ijuk, Merawang Bangka pada bulan lalu.

Kedepan, Bangka Belitung juga akan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Saka Widya Budaya Bakti tingkat Nasional, Oktober 2018 mendatang.

Ia berharap sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendikan yang memasukkan Pramuka menjadi Ektrakurikuler Wajib di setiap Sekolah mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, seluruh Siswa di Bangka Belitung mewajibkan peserta didiknya mengikuti kegiatan Pramuka.

Bahkan ke depan, setiap Kepala Sekolah di Bangka Belitung diharapkan Melati, diharuskan mengikuti Pelatihan Dasar Kepramukaan.

Melati berharap dengan Gerakan Pramuka yang masif di Bangka Belitung dapat menjadi persiapan dalam Pembentukan Karakter Muda untuk menghadapi tantangan ke depan. 

Workshop Penguatan Kelembagaan SMK Tahap III Tahun 2018 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, merupakan kegiatan ketiga kalinya yang diikuti oleh SMK Se-Bangka Belitung.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Dinkes