Kadinkes: Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga

PANGKALPINANG – Sesuai dengan tema lomba balita sehat dan sejahtera Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017, yaitu perlindungan anak dimulai dari keluarga, peran keluarga merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak. Hal ini ditekankan oleh Mulyono Susanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka kegiatan Lomba Balita Sehat dan Sejahtera Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 di aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (26/09/2017)

“Peran orang tua dan orang-orang dalam lingkungan di sekitar anak memberikan arti dan peran yang sangat besar bagi seorang anak. Masyarakat bersama-sama dengan pemerintah melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan pembinaan dan pengembangan anak, upaya tersebut ditujukan untuk memenuhi hak-hak anak,” jelasnya.

Jumlah balita di indonesia sangat besar, diperkirakan sekitar 10 persen dari seluruh populasi. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu perhatian. “Awal kehidupan menjadi masa yang sangat peka terhadap lingkungan. Berbeda dengan otak orang dewasa, otak balita lebih plastis. Plastisitas otak ini mempunyai sisi positif dan negatif,” ungkapnya.

Dalam kegiatan yang ikut dihadiri oleh pengurus TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini Kadin Mulyono menuturkan menegnai sisi positif berarti otak balita lebih terbuka untuk proses pembelajaran dan pengayaan. Sedangkan sisi negatifnya adalah otak balita lebih peka terhadap lingkungan terutama lingkungan yang tidak mendukung seperti asupan gizi yang tidak adekuat, kurang stimulasi dan tidak mendapat pelayanan kesehatan yang memadai sehingga masa ini disebut juga sebagai masa keemasan atau jendela kesempatan atau masa kritis.

Itsnataini, Kepala Seksi Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan bahwa kegiatan lomba balita sehat & sejahtera Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bangka Belitung dilaksanakan dimulai dari tingkat posyandu, puskesmas, kecamatan, dilanjutkan di tingkat kabupaten dan puncaknya di tingkat provinsi. “Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta keluarga dan masyarakat serta memotivasi para ibu untuk selalu merawat bayinya secara baik,” katanya. (26/09/2017)

“Upaya kesehatan ibu dilakukan sebelum dan semasa hamil hingga melahirkan. Agar menghasilkan keturunan yang sehat dan lahir dengan selamat, upaya kesehatan anak hendaknya dilakukan sejak masih dalam kandungan sampai umur balita. Dengan demikian, tumbuh kembang anak dapat optimal, baik fisik, mental, emosional, maupun sosial,  serta memiliki intelegensi sesuai dengan potensi genetiknya,” jelasnya.

Metode penilaian yang digunakan meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan gigi, pemeriksaan psikomotorik, status gizi, dan imunisasi. Oleh karena itu, latar belakang juri yang memberikan penilaian juga terdiri atas dokter spesialis anak (spa), psikolog, dokter gigi, dan ahli gizi.  Peserta lomba berjumlah  14  balita, dengan kategori kelompok umur (6-24 bulan) dan kelompok umur (2-5 tahun), yang berasal dari Kabupaten Bangka dua orang, Kabupaten Bangka Tengah dua orang, Kabupaten Bangka Barat dua orang, Kabupaten Bangka Selatan dua orang, Kabupaten Belitung dua orang, Kabupaten Belitung Timur dua orang, dan Kota Pangkalpinang dua orang. Setelah dilakukan penilaian, berikut ini pemenang Lomba Balita Sehat dan Sejahtera Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017.

Pemenang lomba balita sehat dan sejahtera untuk kelompok umur 2-5 tahun sebagai berikut:

I
KIRAN CALLYSTA
BANGKA

II
KEYZA MIKAIL SAID
BANGKA BARAT

III
NOUFALA RIZKY PRATAMA
BANGKA TENGAH

Pemenang lomba balita sehat dan sejahtera untuk kelompok umur 6-24 bulan sebagai berikut:

I
LAURA FELCYA JENSEN
BANGKA TENGAH

II
AQILA SALSABILA
BANGKA SELATAN

III
MUHAMMAD AZKA
BANGKA BARAT

 

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Tags: 
Lomba Balita Sehat dan Sejahtera

Berita