Kadinkes Babel: Protokol Covid-19 Penting Dijalankan

KOBA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto menegaskan pentingnya menjalankan protokol yang ditetapkan pemerintah dalam menghadapi wabah covid-19 di Indonesia, terutama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini diungkapkannya saat menyampaikan materi dalam kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Novel Corona Virus (Covid-19) di ruang rapat VIP Kantor Bupati. (12/03/2020)

"Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dengan melibatkan berbagai kementerian, terutama Kementerian Kesehatan dalam menyusun protokol utama untuk dipedomani dalam penanganan kasus penyebaran covid-19," jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah adalah menyampaikan informasi mengenai virus ini dengan tepat. "Mulai dari cara penyebaran, pencegahan,  penularan, bahkan kasus yang sedang terjadi terkini," lanjut Mulyono.

"Upaya mengomunikasikan informasi kepada masyarakat sehingga tidak ada kesalahpahaman yang mengakibatkan kepanikan. Masyarakat harus tenang, tapi tetap waspada," tegasnya.

Di hadapan para peserta yang terdiri atas kapolres, perangkat daerah, camat, rumah sakit, klinik, hingga puskesmas di lingkungan Kabupaten Bangka Tengah, Mulyono menegaskan bahwa masyarakat harus tahu bahwa pada intinya, covid-19 bisa sembuh, jelasnya. "Sosialisasikan dan edukasi masyarakat cara pencegahan penularan covid-19. Penting mencuci tangan dengan sabun atau air yang mengalir,  penggunaan masker bagi yang batuk pilek, serta lakukan germas," ujar Mulyono.

Sesuai dengan protokol komunikasi, pemerintah daerah harus segera membentuk tim komunikasi. "Juga menunjuk juru bicara yang berwenang untuk menyampaikan pernyataan terkait covid-19. Pemerintah povinsi sedang berproses mengenai ini," lanjutnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk kepedulian kita bersama dalam menyikapi kasus covid-19 yang sedang mendunia.
"Banyak yang sudah mengetahui informasi ini, terutama melalui media sosial.  Dan pastinya ada yang mulai menyimpulkan dan menyikapi sendiri apa yang harus dilakukan," jelasnya.

"Kita selaku aparatur sipil negara sering menjadi panutan masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap apa yang disampaikan narasumber dapat menjadi acuan kita bersama untuk bagaimana menyikapi covid-19 ini," tutur Sugianto.

"Arahan dari Kementerian harus kita tindak lanjuti, terutama SOP seperti apa yang harus kita lakukan. Yang penting, jangan sampai menimbulkan kepanikan di warga kita," jelasnya.

"Mudah-mudahan kesamaan persepsi dan bersikap ini kita bisa mengantisipasi dengan baik dan bisa menjalankan pembangunan dengan lebih baik," pungkas Sugianto.
 

Sumber: 
Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes