Kadin: Jamin Ketersediaan Darah yang Aman dan Berkualitas

PANGKALPINANG – Untuk mencapai terjaminnya ketersediaan darah yang aman dan berkualitas, terutama bagi ibu hamil, melahirkan, dan sesudah melahirkan, yang membutuhkan transfusi, diperlukan kerja sama antara Puskesmas, Unit Transfusi Darah (UTD), dan Rumah Sakit (RS) dalam pelayanan darah. Demikian ditegaskan oleh Mulyono Sutanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka kegiatan Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Quickwins Pelayanan Darah yang bertempat di Hotel Sun-Pangkalpinang. (05/04/2017)

“Saat ini terjadi pergeseran tempat melahirkan. Jika dulu, ibu lebih banyak melahirkan di rumah, sekarang hampir  60 persen para ibu melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan, terutama di rumah sakit,” jelasnya.
Mulyono menyebutkan bahwa dari data Rutin Kesehatan Ibu tahun 2015, tercatat Angka Kematian Ibu akibat perdarahan sebesar 29,8 persen. Terkait dengan kondisi tersebut, pemenuhan kebutuhan darah untuk menurunkan Angka Kematian Ibu akibat perdarahan menjadi perhatian pemerintah.

Peran Puskesmas dalam kegiatan rekrutmen pendonor, bukan hanya ditujukan kepada keluarga sebagai donor pendamping ibu hamil saja. “Kebutuhan pelayanan darah juga bisa didapatkan  dari kelompok masyarakat berisiko rendah lainnya,” lanjutnya.
Lebih lanjut, Mulyono berharap keterlibatan puskesmas dalam kegiatan seleksi pendonor darah, yang bukan hanya berupa pemeriksaan golongan darah calon donor, tetapi juga meliputi penilaian atas terpenuhinya persyaratan donor, pemeriksaan kesehatan sederhana, dan pemeriksaan kadar hemoglobin. Menurutnya, dari kegiatan seleksi pendonor darah, calon pendonor yang memiliki golongan darah yang sama dengan ibu hami dan dalam keadaan sehat, akan diminta untuk menyumbangkan darahnya di UTD sebelum waktu persalinan.

Pada kesempatan yang sama, Ulfah Suryani, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Pangkalpinang  mengungkapkan keprihatinannya atas rendahnya kesadaran masyarakat, terutama masyarakat Pangkalpinang, untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. “Perlu dilakukan peningkatan kesadaran atas pentingnya kecukupan persediaan darah tidak hanya bersumber dari keluarga/kerabat atau masyarakat dari pasien yang  membutuhkan darah. Masyarakat diharapkan bisa tergugah untuk menyumbangkan darahnya secara sukarela untuk kepentingan semua umat,” harapnya. (05/04/2017)

 Beliau juga menjamin keamanan darah pendonor sukarela yang akan diberikan kepada yang membutuhkan. “Darah diperoleh dari pendonor darah sukarela yang sehat dan memenuhi kriteria seleksi pendonor darah dengan mengutamakan kesehatan pendonor darah. Darah yang diperoleh dari pendonor darah sukarela sebelum digunakan untuk pelayanan darah harus dilakukan pemeriksaan laboratorium guna mencegah penularan penyakit.”

Pertemuan ini melibatkan peserta dari tujuh kabupaten/kota, yang terdiri atas  perwakilan dari rumah sakit yang membidangi Bank Darah Rumah Sakit, Puskesmas yang melayani rawat inap, Unit Transfusi Darah, dan Dinas Kesehatan bidang kesehatan masyarakat dan pelayanan masyarakat dan berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 5 sampai dengan 7 April 2017.

Gimin, Kepala Seksi Pelayanan Primer Bidang Pelayanan Kesehatan mengatakan  bahwa pertemuan koordinasi pelaksanaan quickwin program pelayanan darah ini menghasilkan kesepahaman antara para pihak yang akan bekerja sama pada tahun berjalan. “Bersepakat atas empat hal, antara lain  mendorong adanya gerakan masyarakat mendonor darah melalui pendataan golongan darah minimal di tempat kerja masing-masing. Dan yang penting, setiap Unit Transfusi Darah segera mengusulkan izin nasional sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2014,” jelasnya. (07/04/2017) (ACH)
 

Sumber: 
Humas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Tags: 
Quickwins; pelayanan darah; UTD; BPRS; PMI; pelayanan kesehatan

Berita

15/06/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
02/06/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
26/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
26/05/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
11/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
11/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
10/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
08/05/2017 | Bidang Pelayanan Keseha...
08/05/2017 | Bidang Pelayanan Keseha...