IAI Babel Gelar Gema Cermat Serentak Se-Babel

PANGKALPINANG – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan penyuluhan gema cermat secara serentak tingkat SMA/SMA di kabupaten/kota se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Seremonial kegiatan ini dibuka oleh Haryoso, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan di aula SMK Negeri II Kacang Pedang Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Haryoso mengatakan bahwa gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (gema cermat) merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui  rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar. (23/10/2017)

“Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, dalam hal ini para pelajar, tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, peningkatan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih dan menggunakan obat secara benar, serta peningkatan penggunaan obat secara rasional,” ujarnya.

Menurutnya, arus globalisasi yang tinggi disertai kemajuan teknologi dan informasi membawa konsekuensi tertentu bagi perkembangan kesehatan masyarakat. “Banyak informasi informasi terkait obat yang beredar tanpa melalui skrining dari orang yang tepat dan ahlinya. Swamedikasi yang tidak tepat oleh masyarakat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat dalam memilih obat, gencarnya promosi obat di berbagai media serta masih terbatasnya informasi yang benar dari tenaga kesehatan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, apoteker sebagai tenaga kefarmasian mempunyai tanggung jawab memberikan pelayanan kefarmasian, antara lain memberikan informasi tentang obat yang benar. Masyarakat berhak memperoleh informasi tentang obat agar tidak terjadi penyalahgunaan obat atau kesalahpenggunaan obat.

Tampak hadir Perwakilan Walikota Pangkalpinang, Kepala BPOM Provinsi Kepulauan bangka Belitung, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pendidikan ddan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

Bernadus Reco, Ketua IAI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  menjelaskan bahwa penyuluhan ini  dilaksanakan di hampir lima puluh SMA/SMP, dengan diakomodasi oleh 150 apoteker. “Kita berharap dengan kegiatan ini, para pelajar, generasi muda inimendapat pemahaman yang lebih komprehensif mengenai obat sehingga di masa mendatang kita akan melahirkan generasi bintang, generasi juara, generasi sehat dan kuat, bukan generasi micin,” tegasnya.

Beliau melanjutkan bahwa penyuluhan gema cermat dan pencegahan penyalahgunaan obat ilegal diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, sekaligus sebagai bentuk dukungan dan komitmen Ikatan Apoteker Indonesia Daerah Bangka Belitung dalam upaya pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan obat ilegal.

Setelah pelepasan balon oleh Haryoso dan Reco, dilaksanakan teleconference dengan siswa/siswi dari lima sekolah kabupaten yang terhubung, antara lain Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Tengah, dan Belitung Timur. Sebagai penutup acara seremonial ini, semua peserta dari lima kabupaten/kota menyanyikan lagu “Lima O”, yang menjadi salah satu lagu edukasi tentang penggunaan obat. (ACH)

Sumber: 
Humas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Tags: 
Gema Cermat

Berita

11/05/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
28/04/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
08/05/2017 | Bidang Pelayanan Keseha...
14/09/2017 | Bidang Pencegahan dan P...
25/08/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
15/06/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
28/04/2017 | Bidang Pelayanan Keseha...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...