Hari Kanker Sedunia, Dinkes Babel Imbau Wanita untuk Tes IVA

PANGKALPINANG - Hari Kanker SeduniaTahun 2018 yang jatuh pada tanggal 04 Februari ini menjadi momentum bagi Dinas Kesehatan untuk mengimbau para wanita untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim dengan cara tes IVA.

Dengan turun langsung ke pusat keramaian pada minggupagi, tim Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang melakukan aksi damai di area alun-alun Taman Merdeka-Pangkalpinang.

"Sambil membagikan brosurdan souvenir kecil, kami ingin mengedukasi masyarakat, terutama para wanita, agar dapat melakukan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara," jelas Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Lena Hartanti. (05/02/2018)

Jika kanker leher rahim ditemukan dan diobati pada tingkat dini, ujar Lena, yaitu pada tahap perubahan sel atau dysplasia sampai dengan prakanker, penyakit ini dapat disembuhkan. Begitu juga dengan kanker payudara, harapan untuk sembuh hamper seratus persen. Jika pada saat melakukan sadari atau periksa payudara sendiri, sang wanita menemukan benjolan atau perubahan pada payudara, segera periksakan diri ke dokter atau bidan. Bisa jadi benjolan itu adalah kanker.

"Inilah yang ingin kami informasikan  kepada masyarakat, terutama para wanita yang sudah menikah atau sudah melakukan hubungan seks. Lakukan tes IVA atau inspeksi visual dengan asam asetat ini di puskesmas terdekat, tanpa dipungut biaya " jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto menegaskan bahwa kanker merupakan salah satumasalah kesehatan yang harus diperhatikan oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. (05/02/2018)

“Prioritas pengendalian kanker saat ini difokuskan pada kasus tertinggi, yaitu kanker rahim dan payudara. Pada tahun 2016, jumlah penduduk wanita usia 30-50 tahun di Kepulauan Bangka Belitung sekitar 201.949 orang. Sebanyak 9.967 orang sudah melakukan pemeriksaan leher rahim dan payudara,” ujar Mulyono.

"Dari hasil pemeriksaan tersebut, ditemukan 133 orang perempuan dengan IVA positif dan 45 orang dengan tumor/benjolan," jelasnya.

Mulyono berharap selain dapat meningkatkan dukungan pemerintah, fasilitas pelayanan kesehatan, dan sumber daya terkait, aksi ini dapat menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam melaksanakan upaya penanggulangan kanker. (ACH)

Sumber: 
Humas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Nike Ariezona
Tags: 
Tes IVA