Erzaldi: Promosi Kesehatan Sampaikan Informasi kepada Masyarakat

PANGKALAN BARU – Petugas kesehatan yang bertugas untuk mempromosikan kesehatan harus mampu menyampaikan informasi mengenai kesehatan dan penyakit kepada masyarakat, dengan menggunakan bahasa daerah setempat. Komunikasi dengan masyarakat akan lebih tepat sasaran jika informasi disampaikan dengan memposisikan diri seperti masyarakat. Hal ini ditekankan oleh Erzaldi Rosman Djohan, Bupati Bangka Tengah saat menyampaikan Sekapur Sirih dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dan PL Dinas Kesehatan Provinsi kepulauan bangka Belitung di Hotel Soll Marina – Pangkalan Baru. (30/03/2017)

“Kita harus menyamakan persepsi dalam menangani kesehatan di masyarakat. Dengan prinsip masyarakat kita sebisa mungkin jangan sakit, kita harus mengedepankan promosi kesehatan. Dengan mengetahui informasi mengenai penyakit yang banyak terjadi di daerah kita, petugas kesehatan dapat menyampaikan informasi mengenai pencegahan dan penanggulangan penyakit. Misalnya penyakit gula darah. Petugas kesehatan harus menyampaikan apa saja yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit gula darah dan apa yang harus dilakukan jika memang sudah mengidap penyakit tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Erzaldi menjelaskan bahwa kesehatan adalah kebutuhan masyarakat yang sangat vital.  Biar bagaimana pun, kesehatan lebih sangat murah. Namun, apa yang harus dilakukan pemerintah ketika masyarakat sudah sakit? Sekarang ini, pengobatan memang gratis. Namun, di daerah terpencil dan jauh dari kota, masyarakat sakit tidak berobat ke rumah sakit atau puskesmas bukan karena biaya pengobatan. Masyarakat tidak berobat karena terkendala biaya transportasi dan akomodasi menuju rumah sakit atau puskesmas.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Direktur Rumah Sakit se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, Erzaldi berharap bahwa untuk selanjutnya, sistem kesehatan akan direncanakan dengan lebih baik. Dengan menggunakan aplikasi link system, beliau ingin masyarakat di semua lini dapat ditangani dan dilayani oleh pemerintah. Jika perlu, petugas kesehatan yang datang kepada masyarakat untuk melayani masyarakat. Bukan masyarakat yang datang kepada Puskesmas ataupun rumah sakit.

Mulyono Susanto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan bangka Belitung setuju dengan pernyataan Erzaldi tersebut. Untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menyusun program dana bantuan untuk menjangkau masyarakat yang ada di daerah terpencil. “Sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dengan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)/Dana Alokasi Khusus (DAK) sebagai sumber daya, Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga diharapkan dapat menjangkau warga miskin yang tidak bisa berobat karena tidak memiliki transportasi. Kegiatan ini bersifat seperti Program Puskesmas Keliling,” jelasnya.  (30/3/2017)

“Sedangkan untuk masyarakat di pulau kecil, misalnya Pongok-Kabupaten Bangka Selatan, kami akan mengupayakan Telemedicine. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, pasien rujuk balik yang tidak bisa datang ke Rumah Sakit yang dirujuk, misalnya Rumah Sakit Provinsi, bisa kontrol dan berkomunikasi langsung dengan dokter rumah sakit melalui audio visual, seperti video call, dengan dokter spesialis yang merawat,” tuturnya.

Mulyono berharap dengan empat belas program kesehatan melalui dana bantuan, pemerintah dapat melayani seluruh masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk di daerah terpencil sekalipun. (ACH)

Sumber: 
Humas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Tags: 
Promosi kesehatan; promkes; kesehatan masyarakat; pendekatan keluarga; telemedicine

Berita

12/01/2018 | Bidang Pelayanan Keseha...
12/01/2018 | Humas Dinas Kesehatan P...
10/01/2018 | Dinas Kesehatan Provins...
24/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
19/09/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...