Dinkes dan GTPPC-19 Babel Edukasi Masyarakat mengenai Protokol Kesehatan

PANGKALPINANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan. Dengan menyasar di Bangka Trade Center (BTC) Pangkalpinang, tim langsung turun menemui pengunjung dan membagikan brosur, leaflet, hingga masker kain. (30/05/2020)

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rita Agustina menjelaskan bahwa di masa pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19) ini mengharuskan kita untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 
"Dengan kegiatan ini, kami ingin mengingatkan kembali masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mengurangi penyebaran penularan covid-19," jelas Rita. 

Kami yakin, lanjutnya, masyarakat kita sudah pasti mengetahui dan paham apa saja yang harus dilakukan. "Gunakan masker kain saat beraktivitas, apalagi di tempat perbelanjaan seperti ini. Bagi yang membawa anak-anak, anaknya pun harus menggunakan masker," ujarnya.

"Sering mencuci tangan dengan sabun. Pengelola tempat perbelanjaan juga biasanya menyediakan tempat untuk mencuci tangan. Dengan disediakannya fasilitas ini, tidak ada alasan kita untuk  tidak mencuci tangan," lanjutnya.

Atau gunakan hand sanitizer juga boleh, tambahnya.  "Yang penting kebersihan tangan kita tetap terjaga. Hindari memegang area wajah dengan tangan yang belum bersih," lanjutnya. 

Namun demikian, lanjut Rita, jangan lupa untuk tetap menjaga jarak dengan orang lain. Perkirakan satu atau satu setengah meter. "Mungkin ini yang agak sulit jika d tempat perbelanjaan seperti ini. Tempat seperti ini memang takkan terelakkan, apalagi pemerintah sudah menetapkan pemberlakuan new normal bagi beberapa provinsi dan kabupaten/kota. Babel memang belum, tapi sebaiknya kita pun bersiap dari sekarang untuk memahami new normal di kehidupan kita sehari-hari," jelas Rita.

Selain pengunjung dan pedagang di BTC, tim juga bergerak di pedagang kaki lima di sekitar Ramayana. 
"Bersinergi bersama, tim Dinkes Babel dan GTPPC-19  Babel berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri sendiri dan orang lain dari Covid-19," pungkas Rita.

Setelah BTC, tim melakukan aksi yang sama di Transmart Pangkalpinang. 

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Nopianto GTPPC-19 Babel
Bidang Informasi: 
Dinkes