Dinkes Babel Gelar Syukuran dan Bazar HKN ke-55

PANGKALPINANG – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar syukuran dan bazar Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019. Kegiatan yang bertempat di halaman Dinas Kesehatan Provinsi Kepualauan Bangka Belitung ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan HKN ke-55, yang dimulai dari  Oktober 2019. (12/11/2019)

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, yang  diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan bahwa tujuan HKN ke-55 adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud. “Hal ini akan  terwujud apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan gerakan masyarakat hidup sehat (germas), tanpa mengabaikan kuratif rehabilitatif,” lanjutnya.

“Tema HKN ke-55 kali ini adalah generasi sehat Indonesia unggul. Sebagaimana yang diamanatkan presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024, perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia,” jelasnya.

Saya berharap, tambahnya, rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu- membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan generasi sehat untuk Indonesia Unggul,” harapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan HKN ke-55, Azwani menjelaskan bahwa beragam kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan HKN ke-55, baik yang bersifat lomba maupun nonlomba. “Untuk menigkatkan kesadaran masyarakat, telah dilaksanakan Seminar Gizi dengan tema Gizi Seimbang Prestasi Gemilang, yang diikuti oleh kader kesehatan serta perwakilan masyarakat,” uja Azwani.

Untuk pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tambahnya, termasuk Rumah Sakit Umum Daerah Dr. (Hc) Ir. Soekarno dan Rumah Sakit Jiwa Daerah, telah dilaksanakan pengukuran kebugaran jasmani. “Selain itu, dengan menggandeng tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Gerakan Tekan Angka Obesitas (Gentas) disosialisasikan kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi yang dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat senam Jumat mingguan,” lanjutnya.

Pada syukuran HKN ke-55, beragam penghargaan dan hadiah diserahkan kepada para pemenang dan yang terkait. Berikut data pemenang lomba dan penghargaan HKN ke-55 tahun 2019.

Juara Lomba Cerdas Cermat
1 STIKES Citra Delima Tim 4
2 STIKES Abdi Nusa Tim 2
3 Poltekes Pangkalpinang Tim 4
 
Lomba Volley
1 Dinkes Bangka
2 Abdi Nusa
3 RSUD Depati Bahrin
 
Tenis Meja  Putra
1 Dedi (Puskesmas Simpang Rimba)
2 Didik (RSUD Bateng)
3 Armus (RS Sejiran Setason)
 
Tenis Meja Putri
1 Asnawati (Medika Stania)
2 Herlianti (Puskesmas Simpang Rimba)
3 Tri Nurul (RSJ Provinsi Kep. Bangka Belitung)
 
Lomba Penyuluhan Kesehatan
1 Sri Agustini (Kader Keseahtan Kelurahan Air Mawar)
2 Asnuti (Kader Keseahtan Kelurahan Dul)
3 Zubaidah (Kader Posyandu Desa Cambai Selatan)
 
Lomba Senam Bedincak
1 Puskesmas Kacang Pedang
2 RSUD Bangka Tengah
3 Poltekes Pangkalpinang
 
Lomba Inovasi dan Media Promkes
1 Erik Juanda, S.K.M. (Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat
2 Nopra Rahmatika (Puskesmas Kacang Pedang)
3 Idarul Hafni, SKM (Puskesmas Tanjung Labu)
 
Penghargaan
  • Puskesmas Baturusa sebagai Puskesmas Akreditasi Paripurna Pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  • Puskesmas Pongok sebagai Puskesmas DTPK Terbaik Tingkat Nasional.
  • Politeknik Kementerian Kesehatan Pangkalpinang sebagai Institusi Pelaksana Program  Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi Tenaga Kesehatan Tahun 2017 Sampai dengan Sekarang.
  • Rumah Sakit Umum Daerah Dr. (Hc) Ir. Soekarno sebagai rumah sakit yang memiliki pelayanan sister hospital.
  • Rumah Sakit Umum Daerah Sungailiat sebagai rumah sakit pertama yang terakreditasi pertama di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Sumber: 
Sekretariat
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Rendro Iswadhi
Bidang Informasi: 
Dinkes