Dinkes Babel Gelar Sosialisasi Gema Cermat di Beltim

MANGGAR - Dinas Kesehatan menggelar kegiatan  Sosialisasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan Optimalisasi Agent of Change (AoC) dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat di Kabupaten Belitung Timur. Saat membuka kegiatan ini, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung Timur, ┼╣uryanti mengemukakan bahwa kegiatan Gema Cermat merupakan upaya bersama pemerintah untuk menggerakkan masyarakat secara benar dan tepat. (26/06/2019)

"Masyarakat harus paham  dan sadar pentingnya penggunaan obat secara benar. Dan dengan gerakan ini, diharapkan dapat mengubah pola dan perilaku dalam penggunaan obat secara benar," jelas Zuryanti.

"Gerakan ini memerlukan dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, para apoteker pastinya dapat mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan GeMa CerMat ini. "Dukungan para apoteker sebagai penggerak masyarakat atau sebagai agent of change dapat berperan di masyarakat sehingga kurangnya pengetahuan dan informasi masyarakat terhadap obat dapat diatasi," tegas Zuryati. 

Dalam kesempatan ini, Zuryanti menyerahkan sertifikat kepada para AoC sebagai bentuk komitmen para apoteker dan organisasi profesi apoteker, yaitu Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) sehingga pemahaman masyarakat semakin baik.

Sementara Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zulkarnain menjelaskan bahwa masyarakat sebaiknya memahami bahwa tidak semua obat dapat dikonsumsi secara bebas. 
"Pahami kode atau tanda yang ada pada kemasan obat. Obat terbatas  tidak bisa dibeli di warung atau toko biasa. Konsultasikan kepada apoteker mengenai informasi obat yang akan digunakan," jelasnya.

Melalui kegiatan Sosialisi GeMa CerMat ini, menurut Zulkarnain, para AoC dan kader dapat menyampaikan informasi kepada saudara dan keluarganya. "Dengan demikian, kemandirian masyarakat dalam memilih dan menggunakan obat secara rasional dapat terwujud," pungkas Zulkarnain. (ACH)

Sumber: 
Bidang Sumber Daya Kesehatan
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes

Berita

14/10/2019 | Bidang Pencegahan dan P...
11/10/2019 | Bidang Pencegahan dan P...
08/10/2019 | Bidang Kesehatan Masyar...
07/10/2019 | Rumah Sakit Jiwa Daerah...
07/10/2019 | Rumah Sakit Jiwa Daerah...
07/10/2019 | Rumah Sakit Jiwa Daerah...
01/10/2019 | Bidang Sumber Daya Kese...
05/09/2019 | Bidang Sumber Daya Kese...
04/09/2019 | Bidang Pencegahan dan P...