Dinkes Babel Edukasi Ahli Teknologi Laboratorium Medik se-Babel Tangani Spesimen Covid-19

PANGKALPINANG – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Laboratorium Kesehatan (UPTD Labkesda) mengedukasi Ahli  Teknologi  Laboratorium  Medik  (ATLM) se-Babel dalam menangani spesimen pasien terduga Covid-19.

Dalam pengambilan spesimen pasien terduga Covid-19 dan pemeriksaan hasilnya di laboratorium, petugas harus selalu memperhatikan kewaspadaan universal (universal precaution). Hal ini diungkapkan oleh dokter mitra UPTD Labkesda, Egha Zainur saat menjadi narasumber Pertemuan Tenaga  Ahli  Teknologi  Laboratorium  Medik  (ATLM) Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (13/02/2020)

“Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus dari pasien ke petugas paramedis. Petugas harus mengetahui cara mencuci tangan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan benar,” jelas Egha.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan ATLM dari tujuh kabupaten/kota Se-Babel ini, Egha menjelaskan bahwa petugas ATLM harus terlatih melakukan pengambilan spesimen yang berkualitas baik. “Pengepakan dan pengiriman spesimen harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Sangat disarankan agar pengiriman spesimen menggunakan cool box dengan kondisi suhu 0-4oCelsius,” jelasnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Dinkes Babel, Ira Ajeng Astrid menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan kompetensi tenaga ATLM di Provinsi Bangka Belitung dalam mengambil spesimen dan pemeriksaan laboratorium Covid-19.

“Menyikapi situasi masyarakat saat ini, petugas laboratorium harus siap dan mampu menangani jika terdapat pasien yang diduga terjangkit Covid-19. Petugas juga harus mengerti alur komando yang akan dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan. Pada pertemuan ini, peserta langsung melakukan praktik pengambilan dan pengepakan spesimen,” jelasnya.

Ira menambahkan bahwa keterbatasan logistik dalam penanganan spesimen Covid-19 diharapkan tidak menjadi penghalang bagi petugas ATLM dalam melakukan tindakan. “Koordinasi antarlaboratorium kesehatan se-Babel harus terus berjalan agar penanganan kasus infeksi Covid-19 dapat dilaksanakan cepat dan tepat," lanjut Ira.

“Spesimen yang diambil harus segera dikirimkan oleh petugas Dinkes Babel ke Laboratorium Pusat Penyakit Infeksi Prof. Dr. Oemijati – Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Badan Litbangkes. Jl. Percetakan Negara No. 23A. Jakarta Pusat 10560,” pungkasnya.

Sumber: 
UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah
Penulis: 
dr. Ira Ajeng Astried
Fotografer: 
dr. Ira Ajeng Astried
Editor: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes