Desa Lalang Jaya Deklarasikan ODF Pertama di Beltim

MANGGAR – Desa Lalang Jaya melaksanakan Deklarasi Open Defecation Free/ODF (Stop Buang Air Besar/BABS) di Kabupaten Belitung Timur. Semenjak lahirnya Program STBM pada tahun 2013, desa ini yang pertama kali melaksanakan ODF. Bertempat di halaman Kantor Desa Lalang Jaya, pelaksanaan diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2017.

Berdasarkan data www.stbm-indonesia.org , saat ini Kabupaten Belitung Timur memiliki akses sanitasi 63,43%, dengan jumlah penduduk 36.759 jiwa dan 1.167 KK di Desa Lalang Jaya, yang terdiri atas 1.122 KK yang mengakses jamban sehat permanen (JSP) dan 45 KK  yang mengakses jamban sharing (menumpang); dan jumlah rumah 845 bubung. Desa yang sudah ODF di Kabupaten Belitung Timur sebanyak satu desa dari 39 desa yang ada.

Pembacaan deklarasi bersama dipimpin oleh Artono, Kepala Desa Lalang Jaya, dengan disaksikan dan dikuti oleh seluruh undangan dan peserta yang hadir, khususnya masyarakat Desa Lalang Jaya. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan deklarasi oleh Burhanudin, Wakil Bupati Belitung Timur dan Artono, disertai dengan penyerahan plakat ODF. Kegiatan ini dirangkai dengan puncak perayaan hari Kemerdekaan RI di Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Dalam sambutannya, Burhanudin, Wakil Bupati Belitung Timur mengungungkapkan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi kinerja kepala desa dan kader Desa Lalang Jaya sehingga dapat menjadi desa ODF. (20/08/2017). “Kami berharap prestasi ini bisa ditiru oleh desa lain sehingga ke depannya, derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Belitung Timur dapat meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, sanitasi dan air bersih jangan hanya dibebankan pada sektor teknis saja, misalnya Dinas Kesehatan dan PU. Permasalahan ini juga menjadi tanggung jawab  masyarakat itu sendiri, yang bermula dari pendidikan karakter di keluarga,” jelasnya.

Beliau juga meminta seluruh camat dan kepala desa agar dapat segera mengaplikasikan program ODF di wilayahnya. “Masyarakat yang tidak mau melaksanakan program tersebut, tidak akan diberikan akses terhadap pelayanan publik di desa tersebut, misalnya keperluan administrasi BPJS, menikah, dan lainnya,” tegasnya.

Senada dengan hal tersebut, Sujari, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja & Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dalam kesempatan ini mewakili kepala dinas, menjelaskan bahwa setelah Pilar 1 Stop BABS tuntas, Faskab STBM dapat melanjutkan dengan Pilar 2 Cuci Tangan Pakai Sabun.

Menurutnya, hal ini perlu dilaksanakan guna memutus mata rantai penyebaran penyakit ke dalam tubuh manusia. “Salah satu metode yang murah dan bisa dilaksanakan oleh masyarakat adalah membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Sebaiknya, lakukan setelah buang air besar, setelah memegang binatang peliharaan, setelah memegang benda yang kotor, sebelum makan, setelah makan, sebelum menyusui, dan lain-lain,” jelasnya.

Tampak hadir dalam acara ini Trijoyo, Danramil Manggar; Leo Ardianyah, Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur; Linda, Kepala Puskesmas Manggar; M. Same, Camat Manggar; serta tokoh masyarakat beserta seluruh kepala Puskesmas dan camat serta kepala desa di Kabupaten Belitung Timur.

Di akhir kegiatan, seluruh peserta yang hadir bergoyang  mengikuti Senam CTPS yang dilakukan oleh murid SD Manggar.  Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan, kerjas keras, dan semangat Tim Kesling Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, yang dimotori oleh Dian, Kepala Bidang Kesmas Dinkes Kab. Belitung Timur; Witri, Fasilitator STBM Kabupaten Belitung Timur, dan Shella Triyana, Sanitarian Puskesmas Manggar.

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Asmiani, S.S.T
Fotografer: 
Asmiani, S.S.T
Editor: 
Adinda Chandralela

Berita

12/01/2018 | Bidang Pelayanan Keseha...
12/01/2018 | Humas Dinas Kesehatan P...
10/01/2018 | Dinas Kesehatan Provins...
24/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
12/10/2017 | Bidang Kesehatan Masyar...
12/10/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...
19/09/2017 | Humas Dinas Kesehatan P...