Bergermas Ria, Dinkes Babel Senam Sehat Bersama Masyarakat Simpang Teritip

SIMPANG TERITIP - Banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan dalam bergermas ria. Salah satu hal yang paling menyenangkan sekaligus menyehatkan adalah dengan menggelar senam bersama. Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bergabung dengan masyarakat Simpang Teritip untuk berpartisipasi dalam gerakan pencegahan Covid-19 dengan Germas serentak se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat. (13/03/2020)

Diawali dengan Senam Bedincak yang dimotori oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dan Puskesmas Simpang Teritip, masyarakat dengan semangat melakukan aktivitas fisik yang cukup mengeluarkan keringat. Berlanjut dengan Senam Poco-Poco dan Tobelo, aktivitas pagi ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin yang bermanfaat.

Pada kesempatan ini, tim puskesmas juga mempraktikkan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), yang dapat dipedomani masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

Usai senam, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan pencegahan covid-19, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hastuti. menjelaskan manfaat mencuci tangan dalam pencegahan covid-19. "Mencuci tangan pakai sabun atau dengan air mengalir menjadi hal mendasar dalam upaya melindungi diri dari terjangkitnya virus korona atau covid-19." 

"Mengapa begitu? Penyebaran virus ini bukan melalui udara, melainkan melalui droplet atau air yang keluar dari mulut. Bisa saat kita batuk, bersin, bahkan bicara," lanjutnya.

Saat bicara lima menit, tambahnya, tiga ribu droplet keluar dari mulut kita. "Saat bersin bisa lebih banyak lagi, bisa lima belas ribu droplet. Itu karena ada penekanan tenggorokan dan hidung. Dan jika memang ada virus pada diri kita, ini menularkan kepada orang lain," jelas Hastuti.

Jika tangan kita terkena droplet yang bervirus dan tanpa kita ketahui memegang mata, hidung, atau area wajah, bisa masuk ke tubuh kita. "Inilah pentingnya kita mencuci tangan dengan bersih, yaitu dengan sabun dan air yang mengalir," jelasnya.

Pencegahan penting lainnya adalah dengan melakukan Germas, gerakan masyarakat hidup sehat. "Mulai dari melakukan olahraga seperti senam tadi, mengonsumsi gizi seimbang, terutama makan buah dan sayur, tidak merokok,  istirahat yang cukup, dan lainnya. Jaga daya tahan tubuh yang utama," tuturnya. 

"Perhatikan etika batuk. Gunakan masker bila batuk dan pilek atau tutup mulut dengan lengan atas bagian atas," lanjutnya. 

Sementara itu, Camat Simpang Teritip, Wasino menjelaskan bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus korona ini memang sudah menyebar hampir ke seluruh dunia. "Oleh karena itu, kita harus berusaha mengantisipasi terjangkitnya penyakit ini di lingkungan kita. Karena memang penyakit ini bisa dicegah," ujar Wasino. 

Menghadapi kasus virus korona, lanjutnya, masyarakat diharapkan jangan terlalu panik. "Memang penularan virus ini agak ganas, tetapi harus diketahui bahwa persentase untuk sampai menimbulkan kematian ini kecil.

"Kami berharap elemen masyarakat, kepala desa  dan perangkatnya dapat menyampaikan permasalahan ini kepada masyarakatnya. Semoga informasi yang kita dapatkan pada hari ini dapat bermanfaat dan digunakan sebagai bahan informasi," pungkasnya

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Dinkes