Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur Gelar Rapat Koordinasi Kabupaten Sehat

MANGGAR - Dalam rangka optimalisasi Program Kabupaten Sehat di Kabupaten Belitung Timur, Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur menggelar Rapat Koordinasi Kabupaten Sehat bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Belitung Timur pada hari Rabu, 11/03/2020.

Untuk optimalisasi Program Kabupaten Sehat tersebut perlu dilakukan pendampingan teknis kepada Tim Pembina dan Pengurus Forum Kabupaten Belitung Timur Sehat yang baru dibentuk berdasarkan SK Bupati Belitung Timur pada tahun 2019 yang lalu.
Pendampingan teknis dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga.

Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Belitung Timur, M. Yulhaidir mengungkapkan bahwa Kabupaten/Kota Sehat merupakan salah satu upaya untuk mencegah stunting serta menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Pada tahun 2019, lanjutnya, 5 Kabupaten/Kota telah berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat kecuali Kabupaten Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Selatan.
Pada tahun 2021, tambahnya, Kabupaten Belitung Timur akan ikut berpartisipasi mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat walaupun baru akhir tahun 2019 mempersiapkan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sujari menjelaskan bahwa Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, lanjutnya, dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat.
Untuk itu, tambahnya, diperlukan komitmen pemerintah daerah dalam bentuk kebijakan/regulasi/pendanaan, prioritas/bertahap, sinergitas multi sektor dalam Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat, gerakan masyarakat melalui Forum Kabupaten/Kota Sehat, pembagian tanggung jawab yang jelas dan indikator keberhasilan, monitoring dan evaluasi, dokumentasi, serta verifikasi baik oleh Provinsi maupun Pusat.
2 orang Staf Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hadir ikut menambahkan penjelasan mengenai kewajiban pembentukan Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa/Kelurahan Sehat, teknis penilaian dan penyusunan dokumen penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, tahapan pembinaan/verifikasi yang dilakukan Tim Pembina Provinsi, serta kelengkapan berkas administrasi yang harus ada pada Sekretariat Forum Kabupaten/Kota Sehat.

 

Sumber: 
Bidang Kesehatan Masyarakat
Penulis: 
Sujari
Fotografer: 
DafriAldi
Bidang Informasi: 
Dinkes